Diperiksa 10 Jam, Amien Rais Sebut ‘People Power’ Konstitusional

Amien Rais
Politikus PAN Amien Rais.

Jakarta, Posmetro Indonesia – Ketua Dewan Kehormatan Partai untuk Mandat Nasional (PAN), Amien Rais, telah menyimpulkan interogasinya sebagai saksi kasus dugaan makar oleh tersangka Eggi Sudjana.

Amien selesai menjalani pemeriksaan sekitar jam 8:41 malam, yang berarti dia diinterogasi sekitar 10 jam oleh penyelidik dari Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Lihat juga: Sebagian Tersangka Rusuh 22 Mei Preman Bayaran Tanah Abang

Selama interogasi, kata Amien, ia menerima 37 pertanyaan dari penyidik. Amien mengungkapkan bahwa di depan penyelidik, ia telah berbicara tentang ungkapan “kekuatan rakyat”.

Menurutnya, kekuatan rakyat adalah konstitusional, demokratis dan dijamin oleh prinsip-prinsip HAM.

“Saya katakan bahwa kekuatan rakyat adalah konstitusional, demokratis, dijamin juga oleh prinsip-prinsip hak asasi manusia,” kata Amien.

“Gerakan rakyat yang menyebabkan kerugian, bentrokan, kerusakan, kehancuran bagi negara jelas tidak diperbolehkan,” tambahnya.

Lihat juga: Periksa Agus Martowardojo, KPK dalam penganggaran e-KTP

Amien mengatakan bahwa kekuatan rakyat yang ditargetkan oleh Eggi Sudjana dan dirinya sendiri bukan untuk menggulingkan pemerintah. Namun, hanya untuk menolak penipuan dalam pelaksanaan pemilu 2019.

“Kekuatan rakyat itu mudah, jadi kami tidak ingin mengubah rezim atau menggulingkan presiden, jauh dari itu, tidak sama sekali,” katanya.

Hari ini, Amien menanggapi panggilan polisi setelah absen untuk pertama kalinya karena kegiatan lain.

Eggi dan Lieus saat ini menjadi tersangka dalam kasus pengkhianatan dan telah ditangkap sejak Selasa (14/5) pukul 23:00 (waktu Brussels).

Lihat juga: Caleg PDIP Polisikan Amien Rais Terkait Dugaan Makar

Penahanan Eggi berdasarkan nomor perintah penahanan: SP.HAN / 587 / V / 2019 / Ditreskrimum tanggal 14 Mei 2019.

Dalam kasus ini, penyidik ​​juga memanggil Kivlan Zen dan Permadi sebagai saksi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *