Jokowi Tidak Pakai Baju Adat Pada Saat Pimpin Upacara Penurunan Bendera

Jokowi
Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta.

Jakarta, Posmetro Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mengenakan baju adat di saat menjadi Inspektur Upacara penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8).

Sebelumnya, Jokowi mengenakan pakaian adat Klungkung, Bali, ketika menjadi pemimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, pagi sebelumnya.

Pantauan CNN di lokasi acara, Jokowi mengenakan setelan jas berwarna biru dongker lengap dengan peci hitam. Jokowi memasuki mimbar kehormatan sekitar pukul 17.15 WIB.

Setelah Jokowi berada di tempat, Komandan Upacara Kolonel Pasukan Ahmad Sunawar Sholikul Qodri melaporkan upacara segera dilaksanakan. Jokowi lantas memerintahkan Qodri memulai upacara.

Lihat juga: Belum Rampung, Polri Tunda Umumkan Investigasi Listrik Padam

Qodri kemudian menyiapkan pasukannya. Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) langsung bergerak menuju tiang bendera. Tim Paskibraka yang bertugas menurunkan bendera merah putih adalah Tim Putih.

Anggota Paskibraka dari Provinsi Bengkulu Aisyah Rahmawati didapuk sebagai pembawa bendera merah putih di Tim Putih.

Sementara 3 orang dari Kelompok 8 pada upacara sore ini adalah Muhammad Fany Nur Wibowo dari Provinsi Jawa Tengah sebagai Komandan Kelompok 8.

Bagas Satria Wijaya dari Provinsi Lampung sebagai pembentang bendera, dan Zaini Fahmi dari Provinsi Kalimantan Tengah sebagai pengerek bendera.

Setelah sampai di tiang bendera, Tim Putih mulai menurunkan sang merah putih dengan diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya bendera dibawa oleh Aisyah untuk diberikan kembali kepada Jokowi.

Aisyah bersama Kelompok 8 bergerak ke arah mimbar kehormatan. Aisyah yang membawa bendera itu kemudian berjalan sendiri menuju tempat Jokowi berdiri.

Lihat juga: Pemprov DKI Bangun 53 Taman Baru Seluas 27 Hektare

Sampai di mimbar kehormatan, bendera itu disodorkan Aisyah kepada Jokowi. Lantas, mantan wali kota Solo itu mengambil bendera merah putih dari baki dan meletakkan di sebuah podium.

Aisyah lantas kembali lagi ke dalam barisan Kelompok 8 dan kemudian bergabung dengan Tim Putih Paskibraka. Komandan upacara kemudian melaporkan kembali ke Jokowi bahwa upacara telah selesai.

Setelah itu Tim Putih Paskibraka bergerak serempak ke arah sayap kiri Istana Merdeka. Jokowi memberikan apresiasi dengan bertepuk tangan dan diikuti tamu undangan yang hadir.

Tepuk tangan tamu undangan pun mengiringi langkah pasukan yang berasal dari sejumlah provinsi di Indonesia itu.

Hadir dalam upacara penurunan bendera ini antara lain, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua MA Hatta Ali, Ketua MA Anwar Usman, Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara.

Kemudian Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, KSAD Jendral Andika Prakasa, KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji, KSAU Marsekal Yuyu Sutisna, dan pejabat lainnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *