Niki Zefanya dan Ambisi Jujur dalam Musik

Niki Zefanya
Niki Zefanya menceritakan pengalamannya bertemu Randy Jackson, salah satu juri American Idol.

Jakarta, Posmetro Indonesia – “Saya orang yang sangat jujur. Jika Anda diberi tahu apa yang harus dikatakan, tetapi jika Anda tidak setuju, saya tidak akan bicara. Jika saya tidak setuju, saya tidak akan mengatakan itu,” kata Niki Zefanya.

Tegas, musisi yang bernama lengkap Nicole Zefanya ini mengaku sebagai orang yang sangat jujur. Tidak hanya dalam kegiatan sehari-hari, ia juga mencoba melakukannya dalam musik.

Pada pertengahan Mei, ia merilis mini album keduanya yang berjudul ingin mengambil pusat kota ini? yang berisi empat lagu. Lagu-lagu ini memiliki nuansa pribadi yang berasal dari fase kontemplasi dalam hidupnya ketika menghadapi berbagai masalah.

Salah satu peristiwa besar adalah ketika ibunya menderita kanker. Akhirnya, Niki harus melepaskan ibunya. Dia mengungkapkan, itu tidak mudah untuk ditangani.

Lihat juga: Rizky Febian Hingga Glenn Fredly Sukseskan Ramadhan Jazz Festival 2019

“Bagi saya (membuat lagu dari benda) pribadi itu penting. Dari pengalaman saya sendiri, saya merasa bahwa lagu itu akan terdengar sangat jujur,” kata Niki dalam wawancara terbatas di Menteng, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Pada 2017 Niki pindah ke Los Angeles untuk belajar musik di Universitas Lipscomb. Pada tahun yang sama, ia secara resmi bekerja dengan 88rising, label AS yang pertama kali menaungi rapper Rich, Brian. Meskipun dia sangat dekat dengan musik, dia tidak pernah berpikir dia akan menjadi seorang musisi seperti hari ini.

Belajar piano selama delapan tahun dan gitar di kelas empat sekolah dasar, pada waktu itu orang tua Niki hanya menganggap musik sebagai hobi. Saat itu Niki dan keluarganya masih mengira mereka harus mendapatkan ijazah sebagai modal kerja.

“Sungguh saya tidak sengaja menjadi seorang musisi. Pesan moral dari kisah ini adalah saya memilih untuk menjadi seorang musisi karena saya ingin memotivasi pemuda Asia di mana pun mereka berada,” kata musisi berusia 20 tahun itu.

LIhat juga: Antrian Panjang Pembeli Tiket Konser Westlife di Indonesia

Selama berkarir di industri musik AS, Niki merasakan pengalaman yang luar biasa. Salah satunya ketika dia bertemu Randy Jackson, yang pernah menjadi hakim American Idol. Niki mengaku tersanjung ketika Jackson ternyata tahu lagu-lagunya.

Bahkan Jackson menasihatinya untuk terus melakukan apa yang dia lakukan sekarang. Menurut Jackson, jangan pernah mencoba menjadi sesuatu yang bukan diri Anda karena kemungkinan besar akan gagal.

“Sejak saya bertemu Jackson, saya tidak memikirkannya lagi (yang seharusnya seperti itu). Jadi saya hanya membuat musik yang menginspirasi saya. Saya merasa bahwa saya sebenarnya dan saya akan fokus di sana,” kata Niki.

Karier Niki sebagai musisi telah dikenal secara internasional sejak merilis mini album Zephyr (2018). Album mini terasa sangat RnB dan cocok dengan karakter suara Niki. Beberapa media internasional memujinya, salah satunya adalah Pitchfork.

Tahun ini ia berencana untuk merilis album debut berjudul Moonchild. Selama proses produksi, ia menyatakan sangat menyukai tahap penyusunan karena ia akan puas ketika lagu itu selesai. Katanya, rasanya seperti melahirkan anak.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *